Pengertian Pemasaran
Sosial Jasa Asuhan Kebidanan
Pemasaran di identikan dengan Proses perdagangan
barang yang diorentasikan sebagai preoses jual beli dan tawar menawar. Sehingga
pemasaran kadang menjadi hal yang terlupakan ketika kita membahas tentang
penyediaan jasa.
Dalam penyediaan jasa asuhan kebidanan tentunya
bidan perlu memiliki pengetahuan tentang pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan
secara lebih mendalam. Dalam hal ini, pemasaran sosial merupakan suatu
kegiatan menjual produk yang berupa komoditi tertentu seperti pelayanan ide
atau gagasan dengan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarakat. Pemasaran juga merupakan hal yang sangat penting bagi seorang bidan dalam
penyediaan jasa dalam bentuk pelayanan maupun asuhan kebidanan. Oleh karena itu
yang dipasarkan berupa cara hidup sehat, pandangan atau nilai, dan bakunya
suatu barang / jasa, pemasaran ini dikenal dengan sebutan pemasaran sosial.
Sasaran khusus dalam pemasaran jasa asuhan kebidanan adalah Ibu hamil, Ibu
bersalin, Ibu nifas, Bayi, Balita, Calon pengantin, Pasangan usia subur, wanita
usia menopause dan lanjut usia.
Oleh karena itu proses pemasaran
sosial jasa asuhan kebidanan agar dapat terlaksana dengan baik, perlu diadopsi
pemasaran secara umum kemudian di aplikasikan secara internal sesuai dengan kebutuhan bidan.
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya
adalah :
1. Philip kotler ( marketing ) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
2. Menurut
Philip kotler dan amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan
managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan perukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain.
3. Menurut
W.Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun
pembeli potensial.
4. Menurut Trioso Purnawarman (2001) Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan
kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan,
menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
5. Menurut Sumarni dan Soeprihanto
(1995 )
Pemasaran
adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan.
Dari beberapa defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa
pemasaran merupakan suatu kegiatan atau proses tukar menuikar yang dapat
memberikan nilai baik bagi konsumen maupun produsen sehingga dapat tercipta
serangkaian kegiatan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pemantauan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusdengan cara apa memasarkan jasa kepada masyarakat ???
BalasHapusdengan cara mesosialisasikannya kepada masyarakat lewat acara gotong royong, posyandu dan masih banyak lagi . Atau membuat papan nama di depan rumah bidannya . terimakasih
Hapusbatas minimal-maksimal menyusui berapa lama?
BalasHapusminimalnya 6 bulan dan maksimalnya 2 tahun . terimakasih
Hapusartikel Anda sangat menginspirasi :D
BalasHapusterimakasih.
Hapuscontohnya apa aja?
BalasHapusbagaimana cara mempromosikan pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan?
BalasHapuskunjungi blog saya posting ke 2 niningmelindaastuti.blogspot.com
BalasHapus